Berita

PMB Online

PRESTASI

Pojok SMAIA15

Kiat Belajar Efektif dan Sukses UTBK

SMA Islam Al Azhar 15 Semarang menggelar kegiatan Kiat Belajar Efektif dan Sukses UTBK bagi para murid secara virtual melalui zoom meeting pada Selasa, 2 Februari 2021. Kegiatan dilaksanakan melalui moda virtual mengingat kondisi pandemi covid-19 yang belum memungkinkan kegiatan tatap muka. Seluruh murid SMA Islam Al Azhar 15 Semarang mengikuti kegiatan dengan bergabung dalam zoom dan berinteraksi secara virtual.
"Pada kondisi normal, biasanya kita laksanakan program Rihlah Ilmiah pada awal semester genap untuk motivasi sekaligus refreshing yang diikuti seluruh murid kelas XII. Kegiatan Kiat Belajar Efektif dan Sukses UTBK merupakan kegiatan alternatif pengganti Rihlah Ilmiah. Dalam waktu dekat sekolah juga akan melaksanakan Online Campus Meeting sekaligus motivasi tembus PTN bagi para murid," ungkap Humas SMA Islam Al Azhar 15, Achmad Fajri Nur Khakim, S.Pd.
Kegiatan Kiat Belajar Efektif dan Sukses UTBK bekerja sama dengan Ganesha Operation yang merupakan salah satu bimbingan belajar ternama dan memiliki catatan baik dalam memberikan kiat sukses belajar bagi murid SMA. Perihal seleksi masuk PTN, SMA Islam Al Azhar 15 yang telah terakreditasi A memperoleh kuota 40% dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) termasuk dalam SNMPTN 2021. Bagi murid MIPA maupun IPS yang berkesempatan mengikuti SNMPTN diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya termasuk dalam hal pemilihan prodi dan PTN yang dituju dengan berkonsultasi melalui Bimbingan dan Konseling serta memantau perkembangan informasi melalui website LTMPT maupun PTN yang diminati.
Lulusan SMA Islam Al Azhar 15 Semarang sendiri telah diterima di berbagai PTN ternama melalui beragam jalur seleksi masuk. Bagi yang tidak dapat mengikuti SNMPTN maka murid harus mengikuti UTBK untuk mengikuti jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) maupun Seleksi Mandiri dari PTN. UTBK 2021 sebagaimana dilansir dalam website ltmpt.ac.id terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). Seluruh murid tentu perlu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.
"SMA Islam Al Azhar 15 Semarang meraih predikat Top 1000 Sekolah dengan nilai rata-rata UTBK tertinggi tahun 2020. Tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah dan para murid yang akan mengikuti UTBK tahun ini dan tahun-tahun berikutnya mengikuti jejak baik alumni angkatan II Tahun 2020," tambah Achmad Fajri Nur Khakim, S.Pd.

SARPRAS