Berita

PMB Online

PRESTASI

Pojok SMAIA15

MasyaAllah, Semangat Murid SMA Islam Al Azhar 15 Menghafal Al Quran Hingga Lebih Dari Satu Halaman Dalam Sehari

Kegiatan akhir semester gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 di SMA Islam Al Azhar 15 Semarang diwarnai dengan kegiatan Pekan Tahfidz Virtual. Kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap semester setelah selesai kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) sebelum pembagian rapor. Pekan Tahfidz Virtual Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 dilaksanakan pada 14-17 Desember 2020. Seluruh murid diberikan bimbingan intensif dalam menghafalkan Al Quran secara virtual. Praktis tidak ada kegiatan lain sebagai pengganti jam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Terbimbing. Seluruh murid fokus mengikuti bimbingan, motivasi, serta setoran secara langsung melalui moda tatap muka virtual kepada pembimbing.
Salah satu catatan yang membahagiakan adalah semangat para murid dalam menghafalkan Al Quran yang tentunya berkat bimbingan dan motivasi serta layanan intensif para guru pembimbing dan dukungan penuh orang tua. Bahkan, salah satu murid atas nama Abdurrahman Darmakusuma Paramaduta (XII IPS) berhasil menghafalkan sebanyak 84 baris mushaf Al Quran Tikrar (1 halaman terdiri atas 15 baris) selama pelaksanaan pekan tahfidz. Demikian pula ananda Nadendra Rakhadani (X MIPA) yang berhasil meraih 81 baris, serta ananda Erga Nugraha (XI MIPA) yang berhasil meraih hafalan hingga 68 baris.
Hafalan yang disetorkan adalah hafalan baru melanjutkan hafalan harian sesuai capaian masing-masing murid. Artinya, dalam sehari, ananda berhasil menghafal dan menyetorkan hafalan rata-rata lebih dari satu halaman. Sungguh semangat yang patut dicontoh. Tentunya kuantitas hafalan bukan ukuran satu-satunya. Yang jauh lebih penting adalah murojaah (mengulang-ulang hafalan). Tiadalah seorang hafidz dikatakan penghafal Al Quran sementara ia berhenti mengulang-ulang hafalannya (murojaah). Dengan murojaah insyaAllah capaian hafalan yang telah disetorkan akan terjaga. InsyaAllah dengan semangat membaca dan menghafal Al Quran maka ia akan menjadi penolong (pemberi syafaat) kepada kita kelak di akhirat serta keluarga kita lebih-lebih kedua orang tua kita. Semoga semangat menghafal Al Quran tak akan padam dan kian berkobar terutama di kalangan civitas akademika SMA Islam Al Azhar 15 Semarang khususnya sehingga terwujud generasi qurani, generasi beradab dan berkualitas. Aamiin.

SARPRAS