Berita

PMB Online

Pojok SMAIA15

PRESTASI

PENGUMUMAN KELULUSAN 2024

SMA Islam Al Azhar 15 Semarang Menerapkan Pembelajaran Diferensiasi

Semarang, 23 Oktober 2023 - SMA Islam Al Azhar 15 Semarang telah mengambil inisiatif untuk menerapkan pembelajaran diferensiasi dalam pembelajaran di kelas. Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, sekolah ini telah memperkenalkan metode pembelajaran inovatif yang memungkinkan murid mengakses materi dengan berbagai cara yang sesuai dengan gaya belajar mereka.

Bapak Arif Afridi, S.Pd., guru Bahasa Arab di sekolah ini, juga sudah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi ini. Dalam pelaksanaan pembelajaran diferensiasi, Bapak Arif telah membagi muridnya menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok diberikan pilihan untuk belajar dengan menggunakan metode yang paling cocok bagi mereka. Contoh metode yang diterapkan adalah audio, video, dan metode diskusi.

Pada saat mempelajari materi tentang fi'il madhi, fi'il mudhori, dan fi'il amr, murid diberikan pilihan untuk memilih metode yang paling mereka sukai. Kelompok yang memilih audio mendengarkan penjelasan materi melalui rekaman suara, sementara kelompok yang memilih video dapat melihat demonstrasi visual yang relevan. Selain itu, kelompok yang lebih suka berpartisipasi dalam diskusi diberikan kesempatan untuk berdiskusi aktif tentang materi tersebut.

Salah satu aspek menarik dari pembelajaran diferensiasi ini adalah bagaimana Bapak Arif Afridi memungkinkan murid untuk belajar sesuai dengan preferensi dan tingkat pemahaman masing-masing. Ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan mendukung perkembangan individu.

Kegiatan pembelajaran tidak berakhir hanya pada pilihan metode pembelajaran. Setelah materi pelajaran selesai, Bapak Arif Afridi mengajak seluruh murid untuk melakukan refleksi bersama-sama. Ini memberikan kesempatan bagi murid untuk berbicara tentang apa yang mereka pelajari, bagaimana mereka merasa, dan sejauh mana mereka memahami materi tersebut. Ini adalah langkah penting dalam memastikan bahwa murid benar-benar memahami materi dan dapat menerapkannya dalam situasi dunia nyata.

Menerapkan pembelajaran diferensiasi adalah langkah penting yang menunjukkan komitmen SMA Islam Al Azhar 15 Semarang untuk memberikan pendidikan berkualitas dan relevan kepada murid-murid. Metode inovatif ini tidak hanya memahami kebutuhan individual murid, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk masa depan yang penuh dengan tantangan dengan pemahaman yang lebih mendalam dan kemampuan yang lebih baik.

SARPRAS