visiting-campus-2017

Visiting Campus

( Mantap Menatap, Siap Memilih Masa Depan)

 

Pendidikan merupakan salah satu sarana untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Tidak sedikit orang yang mempunyai harapan agar dapat mencapai pendidikan yang berkualitas. Salah satu cara  mendapatkan pendidikan yang berkualitas dapat dilakukan dengan cara melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

SMA Islam Al Azhar 15 adalah sebuah sekolah yang memiliki tujuan menciptakan generasi Islam yang berkualitas baik dari segi akademik maupun karakter. SMA Islam Al Azhar 15 berkomitmen memberikan gambaran kepada murid agar dapat meneruskan pendidikan selepas menyelesaikan program studi di jenjang SMA. Untuk menunjang tujuan tersebut maka dibuatlah sebuah program sekolah yang berorientasi pada persiapan murid dalam menentukan pilihan pendidikan yang akan diambil setelah selesai menyelesaikan program pendidikan di jenjang SMA.

 

Orientasi Masa Depan

Memilih sekolah sebagai sarana mengembangkan kreativitas murid hendaknya berpijak pada kualitas dan eksistensi lembaga yang menjadi pengemban masyarakat. Salah satu ciri sekolah yang berkualitas adalah memiliki kredibilitas yang berorientasi pada kualitas. Jika kualitas menjadi salah satu tujuan lembaga pendidikan tersebut dapat dipastikan lembaga pendidikan tersebut memiliki visi dan misi yang jelas sehingga layak untuk dijadikan rujukan bagi putra-putri dalam memilih sekolah lanjutan.

SMA Islam Al Azhar 15 Semarang dalam rangka menyiapkan alumni yang kompeten, sekolah membekali berbagai macam kegiatan yang sekaligus menjadi ciri khas pendidikan yang dimiliki oleh SMA Islam Al Azhar 15 Semarang. Berbagai kegiatan yang menjadi salah satu agenda dengan institusi luar adalah visiting campus. Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh murid agar memiliki visi yang sama yakni menjadi generasi SMART Go. Program ini bertujuan agar murid dapat mempersiapkan diri dalam menentukan perguruan tinggi yang akan diambil sehingga pendidikan yang diambil sesuai dengan keinginan serta kemampuan dari murid dan dapat dipersiapkan dari awal pembelajaran pada jenjang SMA.

 

Kunjungan UGM dan UNY

SMA Islam Al Azhar 15 mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke beberapa Perguruan tinggi. Kesempatan yang pertama diperuntukkan kepada murid kelas XI  dimana pada tanggal 4 Oktober 2017 seluruh murid berangkat menuju perguruan tinggi yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas yang dikunjungi adalah Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Setibanya di Universitas Gadjah Mada, pihak sekolah diterima di Auditorium Kamarijani Soenjoto. Acara kegiatan diawali dengan pembukaan dan pemberian sambutan dari pihak sekolah yang diwakili oleh Kepala SMA Islam Al Azhar 15, yaitu Bapak Ruswanto, S.Pd.  Rangkaian kegiatan selanjutnya dilaksanakan dengan pemberian informasi mengenai fakultas dan jurusan yang tersedia serta tata cara sistem pendaftaran masuk perguruan tinggi. Setelah seluruh kegiatan dilaksanakan, rombongan menuju Universitas Negeri Yogyakarta.

Di Universitas Negeri Yogyakarta, rombongan sekolah diterima di Fakultas Teknik. Di Fakultas Teknik diberikan informasi mengenai jurusan yang tersedia serta kesesuaian antara jurusan di sekolah dengan jurusan yang tersedia di Universitas Negeri Yogyakarta. Di Universitas  Negeri Yogyakarta murid SMA Islam Al Azhar 15 Semarang nampak antusias menyerap informasi yang disampaiakan dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan pihak sekolah kepada pihak universitas. Kegiatan berlangsung cukup menarik dan ditutup dengan acara foto bersama.

 

Kunjungan ke Universitas Diponegoro

Di kesempatan lain, kelas X SMA Islam Al Azhar 15 tidak mau kalah dengan kegiatan kelas XI. Keesokan harinya, yaitu pada tanggal 5 Oktober 2017 berdasarkan program sekolah, murid kelas X juga melaksanakan kunjungan kampus yang berada di wilayah dalam kota. Kali ini murid kelas X melakukan kunjungan ke Universitas Diponegoro.

Di awal kegiatan, kunjungan dimulai di LP2MP. LP2MP adalah lembaga yang bergerak dalam pengembangan dan penjaminan mutu pendidikan. Pada kesempatan ini, LP2MP memberikan sosialisasi kepada sekolah mengenai informasi program serta tata cara pendaftaran masuk perguruan tinggi.

Setelah mendengarkan pemaparan dari pihak LP2MP Universitas Diponegoro, murid kelas X diajak mengunjungi Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Di Fakultas Teknik  murid kelas X mendapatkan informasi mengenai jurusan yang memiliki daya minat yang cukup tinggi dan tata cara pendaftarannya.

Setelah kegiatan di Fakultas Teknik berakhir, kunjungan dilanjutkan menuju Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Di Fakultas Ekonomika dan Bisnis murid kelas X mendapatkan informasi hampir sama dengan Fakultas Teknik mengenai tata cara pendaftaran. Fakultas Ekonomika dan Bisnis merupakan tempat kunjungan terakhir dalam rangkaian kegiatan Visiting Campus kali ini.

Dengan adanya program kegiatan semacam ini memberikan gambaran kepada murid SMA Islam Al Azhar 15 dalam menentukan pendidikan yang akan ditempuh selepas menyelesaikan program pendidikan jenjang SMA. Program tersebut merupakan wujud komitmen SMA Islam Al Azhar 15 dalam mewujudkan peserta didik yang “SMART Go”, yaitu Sehat, Mandiri, Akhlakul Karimah, Religus, Terampil, dan berwawasan  Global.