Peringatan Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda

Pada hari Jum’at, 28 Oktober 2016 murid-murid SMA Islam Al Azhar 15 mengikuti kegiatan Peringatan Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini diisi dengan kegiatan Pelatihan Karya Ilmiah Remaja dan Motivation Training. Kegiatan Peringatan Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda dibuka dengan menyanyikan lagu Mars Al Azhar dan sambutan oleh Bapak Ruswanto selaku Kepala Sekolah. Dalam sambutannya beliau berharap melalui kegiatan ini semua murid SMA Islam Al Azhar 15 dapat berkreasi dan menciptakan karya ilmiah sendiri dan memiliki keberanian untuk berkompetisi serta menjadi murid yang tanggung menghadapai setiap tantangan.   

Pelatihan penulisan karya ilmiah berlangsung mulai pukul 07.30-11.30 dengan narasumber Ibu Alfiatin Nur Khasanah dari UNNES. Materi pelatihan meliputi teknik penyusunan Karya Ilmiah, sistematika penulisan, cara memilih judul yang menarik serta praktek langsung membuat karya ilmiah. Dengan pelatihan ini diharapkan semua murid Al Azhar 15 memiliki bekal dan pengetahuan mengenai karya tulis dan diharapkan nantinya semua murid bisa membuat sebuah karya tulis ilmiah atau dengan kata lain karyanya tersebut dapat ditampilkan dalam ajang-ajang/kompetisi penulisan karya tulis ilmiah. Antusias peserta dalam  mengikuti pelatihan ini bisa dibilang cukup besar, ini bisa dilihat dari banyaknya mahasiswa yang bertanya kepada pembicara. “Ternyata membuat karya ilmiah itu sangat menarik, kita harus banyak membaca dan mengetahui berbagai informasi yang ada di lingkungan kita”, kata Dandri. Dengan waktu sekitar 4 jam ternyata semua murid dapat menghasilkan sebuah karya ilmiah walaupun masih dalam bentuk sederhana.

Setelah kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah selesai, murid SMA Islam Al Azhar 15 mengikuti kegiatan motivation training. Trainer pada kegiatan ini adalah Hanindya Nurinasari, Alumni Al Azhar Kalibanteng yang sudah sukses menjadi penyiar Up- Radio, Presenter di Cakra TV dan presenter berbagai acara. Hanindya Nurinasari atau yang sering disebut Ninin berbagi pengalaman yang luar biasa tentang usaha dan kiat-kiat meraih kesuksesan. Semua peserta diminta untuk menuliskan mimpinya. Ninin berkata, “Jangan takut untuk bermimpi besar, tuliskan mimpi itu dan berusaha kuat untuk meraihnya, insya Allah, mimpi itu ada dalam genggaman tangan kita. kuat, kuat dan jangan pernah menyerah.! Kata-kata positif ini diharapkan semua murid menjadi pribadi yang berani, percaya diri dan sukses meraih masa depan yang gemilang.

Semoga dengan rangkaian kegiatan ini, memberikan bekal kehidupan dan ilmu yang bermanfaat untuk semua murid, tidak hanya ilmu pengetahuan tetapi juga ilmu tentang kehidupan. Sukses selalu untuk SMA Islam Al Azhar 15. SMART-Go!