Kunjungan ke BPTIKP Propinsi Jawa Tengah

Pada hari Kamis, 27 Oktober 2016 murid-murid SMA Islam Al Azhar 15 melakukan kunjungan ke Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidkan (BPTIKP) Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah,dengan tujuan untuk belajar lebih dekat tentang pemanfaatan TIK untuk media pembelajaran dan astronomi.

Rombongan yang beranggotakan murid kelas X MIPA dan guru pendamping dipimpin oleh kepala sekolah Bapak Ruswanto, S.Pd  tiba di gedung BPTIKP pada pukul 09.30 disambut oleh Bapak Imam. Pada acara pembukaan, Bapak Imam menghimbau kepada murid-murid SMA Islam Al Azhar 15 sebagai garda terdepan bangsa dapat memanfaatkan bahan-bahan pelajaran yang telah disediakan di perpustakaan BPTIK dengan sebaik-baiknya. Murid yang berminat dengan bidang astronomi dapat bergabung di club astronomi yang ada di Semarang. 

Rombongan diajak berkeliling di gedung BPTIKP. Ruang siaran radio yang menjadi kunjungan pertama. Ditempat tersebut ditunjukan bagaimana seorang penyiar radio menyiarkan berita atau acara edukasi lainya. Murid diberikan kesempatan untuk mencoba menjadi penyiar radio. Ternyata menjadi penyiar tidak mudah, walaupun hanya suara saja yang nanti didengar tapi tetap butuh ekspresi dalam membacakan dan menghayati setiap pesan yang akan disampaikan,” ujar Ibnu (Murid SMA IA 15).

Tempat yang ditunjukan selanjutnya adalah ruang teropong bintang dan matahari. Di ruang tersebut terdapat teropong yang dapat digunakan untuk melihat objek secara detail. Di bagian luar ruangan ada juga teropong yang khusus untuk mengamati matahari. Matahari tidak dapat sembarangan dilihat dengan teropong biasa atau dengan mata karena dalam waktu 1 detik, panas matahari dapat membakar dan merusak mata kita.

Kunjungan selanjutnya wahana astronomi. Di dalam ruangan terdapat layar yang lebar dan kita dapat nonton video tentang satelit bima sakti, bintang, matahari, dan bumi. Di wahana ini kita dapat melihat bentuk bulan, matahari atau bumi dengan jelas dan detail. Permukaan bulan yang datar dan cekungan juga terlihat dengan jelas.

Murid-murid SMA Islam Al Azhar 15 sangat menikmati setiap wahana yang ada di BPTIKP dan dapat informasi yang baru tentang tata surya dan tata cara penyiaran di radio.

Kunjungan ke BPTIKP Jawa Tengah merupakan salah satu rangkaian SMA Islam Al Azhar 15 dalam memperingati Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda tahun 2016 yang mengusung tema ”Wujudkan Generasi SMART-Go Melalui Bahasa dan Karya”. Semoga kegiatan ini dapat menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat serta dapat menjadi bekal menuju generasi muda yang SMART Go (Sehat, Mandiri, Akhlakul KArimah, Religius, Terampil dan berwawasan Global). Aamiin.