VISITING CAMPUS UNDIP

Masa depan merupakan sebuah misteri dalam kehidupan manusia. Manusia dalam perkembangannya seringkali mengkhawatirkan masa depannya, terutama mengenai karir dan pekerjaan  apa yang nantinya akan mereka tekuni. Pada anak-anak SMA sering mengalami kebingungan ketika ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Kebingungan yang biasa terjadi yaitu menentukan pilihan program studi yang bagus sesuai dengan bakat dan minat serta tuntutan perkembangan jaman.

Pada tanggal 25 September 2018 Kelas X SMA Islam Al Azhar 15 Semarang melaksanakan Visiting Campus ke Universitas Diponegoro (UNDIP). Program ini dilaksanakan oleh kelas X, bisa jadi dianggap sebagian orang terlalu dini untuk pengenalan kampus bagi murid. Namun, bagi kami hal ini merupakan tanggungjawab sekolah kepada orangtua untuk mengenalkan kampus sejak dini. Sehingga anak-anak mulai mempersiapkan ke jenjang perguruan tinggi sejak kelas X. Program visiting campus SMA Islam Al Azhar 15 merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang bertujuan untuk untuk memberikan gagasan kepada murid agar mampu memilih program studi sesuai bakat dan minat serta mampu bersaingan sesuai tuntutan jaman.

 Visiting Campus di UNDIP dilaksanakan di 3 tempat yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomika dan Bisnis dan LP2MP (lembaga pengembang penjamin mutu pendidikan). Narasumber di Fakultas Teknik yaitu Dr.Ing.Asnawi sekaligus sebagai wakil dekan III memberikan paparan program studi favorit di Fakultas Teknik UNDIP yang sangat dicari dalam dunia kerja saat ini. Sementara itu di Fakultas Ekonomika dan Bisnis yang disampaikan oleh Dr.Supriyadi menyampaikan program studi favorit di lingkup ilmu sosial terutama di Fakultas Ekonomi itu sendiri.

Sementara itu di LP2MP UNDIP yang diwakili oleh Bapak Hidayat Nur Wahid menyampaikan keunggulan-keunggulan UNDIP dibandingkan universitas lain. Beliau juga memberikan informasi jalur masuk perguruan tinggi negeri dan jalur mandiri UNDIP. Selain itu, program beasiswa dan gambaran kehidupan di kampus UNDIP juga dijelaskan secara detail sehingga murid memperoleh gagasan yang luas tentang kehidupan di kampus.

Adanya visiting campus di UNDIP dapat menambah wawasan tentang program studi apa yang harus dipilih, bagaimana cara mendaftarnya, dan bagaimana aktivitas akademik dan non akademik di perguruan tinggi. Oleh karena itu, program Visiting Campus SMA Islam Al Azhar 15 Semarang dapat digunakan sebagai sarana orientasi masa depan.


9 Pembaca    |    0 Komentator
Share :
Tag : VISITING CAMPUS, UNDIP,