TAHUN BARU ISLAM, TINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL TERHADAP SESAMA

TAHUN BARU ISLAM, TINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL TERHADAP SESAMA


Sudah menjadi tradisi bagi ummat muslim di seluruh Indonesia, bahwa salah satu moment penting di bulan Muharram adalah merayakan Tahun Baru Islam. Tidak terkecuali murid-murid SMA Islam Al Azhar 15 Semarang. Sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas karunia-Nya yang telah diberikan kepada kita semua, murid-murid SMA Islam Al Azhar 15 Semarang menyelenggarakan kegiatan acara Peringatan Tahun Baru Islam 1440 H. Berbagai macam rangkaian kegiatan pada acara tersebut telah dilaksanakan, diantaranya: pawai keliling menyambut Tahun Baru Islam 1440 H dan pembagian stiker ucapan yang berlangsung pada hari senin, 10 September 2018, dilanjutkan dengan berbagai macam lomba seperti, lomba pidato bahasa Arab, Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ), Musabaqah Syarhil Quran (MSQ), dan lomba desain stiker ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H.

Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menumbuhkan sikap kepedulian sosial terhadap sesama, mengajak kepada setiap murid untuk senantiasa mensyukuri anugerah dari Allah SWT, serta mengingatkan mereka agar tidak melupakan sejarah Islam, bahwa pada zaman dahulu Nabi Muhammad SAW melakukan hijrah dari Mekkah menuju Madinah yang menjadikan awal mula terbentuknya kalender hijriyyah.

Adapun puncak kegiatan dalam rangka Peringatan Tahun Baru Islam ini adalah acara Pengajian yang disampaikan oleh Ustadz Abdul Manan sebagai sarana siraman rohani, dengan tujuan untuk meng-upgrade batiniah murid, sehingga mereka akan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak-anak yatim piatu dan diakhiri dengan pemberiah berbagai macam hadiah lomba yang telah diikuti murid sebelumnya.


8 Pembaca    |    0 Komentator
Share :