DHARMA DAN SATYA PRAMUKA UNTUK BANGSA

Salam Pramuka,

Hari ini adalah hari selasa tanggal 14 agustus 2018 bertepatan dengan peringatan hari pramuka ke 57. Peringatan hari pramuka menjadi landasan umum bahwa pesan kemandirian, kedisiplinan, tanggungjawab, tangguh, serta memiliki karakter tanggap dan sigap terhadap situasi apapun menjadi dalih bahwa seorang pramuka sejati harus mampu menjadi pioneer terhadap masyarakat dan bangsa. Sejatinya, pramuka merupakan bagian dari maju mundurnya perjalanan bangsa. Dari masa ke masa pramuka telah mampu mengambil peran strategis dalam upaya mengangkat derajat dan martabat bangsa. Terbukti torehan prestasi berskala internasional patut kita apresisasikan kepada jiwa pramuka generasi kita. Tahun 2010 indonesia tercatat memiliki jumlah anggota pramuka terbanyak didunia. diluar gemilangnya prestasi kepramukaan hendaknya kita sebagai bagian dari bangsa juga harus siap ambil bagian atas berbagai kebijakan makro yang terjadi di negeri ini.

Prestasi demi prestasi yang telah diraih menjadi bukti betapa kualitas SDM pramuka kita adalah generasi unggul yang syarat dengan prestasi. Maka, untuk menjaga semangat tetap berprestasi harus didukung oleh berbagai pihak. Yang pertama, pemerintah melalui Kementerian pemuda dan olahraga hendaknya mengakomodir segala bentuk aktivitas positif kepramukaan yang menunjang kreativitas. Kementerian pemuda dan olahraga memiliki peran krusial terhadap eksistensi kepramukaan, hal ini dibuktikan dengan alokasi dana pramuka berasal dari pos anggaran dari kementerian pemuda dan olahraga. Oleh karenanya, cerdas dan tanggap terhadap eksistensi pramuka hendaknya menjadi prioritas bagi Kemenpora agar langkah dan aktivitas pramuka dapat leluasa dalam mengembangkan diri untuk kepentingan bangsa. Dengan landasan kerja kita prestasi bangsa mari kita dukung kreativitas kepramukaan Indonesia sebagai bukti konkrit bahwa pramuka adalah bagian dari kemajuan bangsa.

Kedua, lembaga otoritas kepramukaan baik tingkat nasional maupun daerah. Ketua kwartir nasional, Dr. Adhyaksa Dault dalam berbagai kesempatan sering menyampaikan pentingnya peran strategis pramuka dalam berbagai isu dan kebijakan pemerintah. Oleh karenanya, otoritas kepramukaan tingkat nasional hendaknya menysuun program kerja nasional yang mewadahi aspirasi kepramukaan baik tingkat daerah maupun gugus depan sehingga aspirasi dan aktivitas yang mengasah kepramukaan akan semakin membumi. Selain itu, koordinasi yang harus dibangun hendaknya dilandasi dengan niat membangun karakter bangsa dapat terealisasi.

Ketiga, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam kebijakan makro kurikulum 2013 telah  menerbitkan Permendikbud no. 63 tahun 2014 tentang ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan merupakan bagian dari kegiatan intrakurikuler. Dengan demikian sekolah sebagai pelaksana program kepramukaan hendaknya optimal dalam menerapkan Permendikbud no. 63 tahun 2014 tentang ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan tersebut. dengan demikian peran strategis pramuka mampu memberikan kontribusi positif untuk bangsa.

Sinergitas yang apik antara pemerintah dan sekolah akan menjadi sistem kolaborasi yang maksimal jika berpedoman pada aturan yang sudah ditentukan, dengan demikian optimalisasi proses pelaksanaan pramuka disekolah diharapkan mampu menopang program kepramukaan dan menghasilkan calon pemimpin yang mampu memaknai Dasa Dharma serta Tri Satya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Regulasi yang dikeluarkan pemerintah tentang kepramukaan secara utuh telah berkontribusi dalam rangka membina murid untuk melaksanakan kepramukaan dengan baik.

Yang keempat, orang tua murid hendaknya memahami penting dan manfaatnya kegiatan kepramukaan disekolah. Maka, sikap mendukung anak untuk aktif dikegiatan pramuka disekolah agar dapat terus dilakukan. Selain itu, sikap mendorong orang tua terhadap anak untuk terlibat aktif dalam kepramukaan hendkanya juga terus dilakukan agar pemahaman kepramukaan tidak stagnan pada satuan pendidikan sekolah lanjutan tingkat atas saja. Orang tua yang bijak dalam membimbing anaknya untuk berperan aktif dalam kegiatan kepramukaan akan memperoleh hasil perubahan sikap mandiri, disiplin, tangguh, dan tanggungjawab dalam hidup sehari-hari.

 

Yang kelima, adalah peran Pembina pramuka disekolah. Peran Pembina sangat krusial dalam membentuk karakter pramuka yang sesuai dengan Dasa dharma dan Tri Satya. Maka, hendaknya seorang Pembina pramuka memiliki kecakapan yang bias diperoleh dari berbagai kepelatihan baik yang diselenggarakan oleh Kwarda ataupun otoritas lain. Dengan memiliki Pembina pramuka yang cakap maka akan lahir murid yang benar-benar berjiwa pramuka sejati. Dan yang keenam adalah murid sebagai bagian pelaksanaan kepramukaan disekolah hendaknya memiliki kesadaran tentang manfaat dari kegiatan kepramukaan. Murid zaman ini lebih cenderung memilih sesuatu yang instan disbanding proses melaksanakannya. Hal ini jika tidak terantisipasi dengan baik, maka bukan tidak mungkin 10-20 tahun yang akan dating akan lahir generasi yang selalu berorientasi pada keterbatasan dan massive.

Dengan memperingati hari pramuka tentu kita berharap, program, proses, dan hasil kepramukaan yang telah diupayakan penuh oleh bebagai pihak akan mampu memberikan sumbangsih besar kepada bangsa dalam rangka melahirkan generasi-generasi yang tangguh, berkarakter, dan bertanggungjawab.

Semoga, minat murid terhadap kepramukaan semakin meningkat untuk berperang aktif menegakan cita-cita luhur kepramukaan dan kemandirian.

Satyaku kudharmakan, Dharmaku kubaktikan

Salam Pramuka.

Ariyadi, S.Pd.I

Guru SMA Islam Al Azhar 15 Kalibanteng Semarang


9 Pembaca    |    0 Komentator
Share :
Tag : PRAMUKA