TIGA AMALAN BAIK

Bumi yang kita tempati adalah planet yang selalu berputar. Roda kehidupan dunia juga tidak pernah berhenti. Kadang naik, kadang turun. Ada suka, ada duka. Oleh karena itu, agar tidak terombang-ambing dan tetap tegar dalam menghadapi segala kemungkinan tantangan hidup, kita harus memiliki pegangan dan amalan dalam hidup. Tiga amalan baik tersebut adalah:

1.      Istiqomah, yaitu kokoh dalam aqidah dan konsisten dalam beribadah.

Orang yang istiqomah selalu kokoh dalam aqidah dan tidak goyang keimanan bersama dalam tantangan hidup. Sekalipun dihadapkan pada persoalan hidup, ibadah tidak ikut redup. Orang seperti itulah yang dipuji Allah SWT dalam Al-Quran surat Fushillat ayat 30 yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan “Tuhan Kami Allah kemudian merekan meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): “Janganlah kamu merasa takut, dan janganlah kamu merasa sedih, dan bergembiralah dengan syurga  yang telah dijanjikan Allah kepadamu.

 

2.      Istikharah, selalu memohon petunjuk Allah dalam setiap langkah dan penuh pertimbangan dalam setiap keputusan.

Setiap orang mempunyai kebebasan untuk berbicara dan melakukan suatu perbuatan. Akan tetapi menurut Islam, tidak ada kebebasan yang tanpa batas, dan batas-batas tersebut adalah aturan agama. Maka seorang muslim yang benar, selalu berfikir berkali-kali sebelum melakukan tindakan atau mengucapkan sebuah ucapan serta ia selalu mohon petunjuk kepada Allah.

Orang bijak berkata :

“Think today and speak tomorrow. (berfikirlah hari ini dan bicaralah esok hari).

 

3.      Istighfar, yaitu selalu instropeksi diri dan mohon ampunan kepada Allah.

Setiap orang pernah melakukan kesalahan. Setiap kesalahan dan dosa itu sebenarnya penyakit yang merusak kehidupan kita. Oleh sebab itu, saatnya kita hijrah dari kesalahan, menuju kebaikan. Kita instropeksi diri kita, memohon ampun kepada Allah, dengan jalan beristighfar dan bertobat.

 

Semoga Allah selalu memberikan kekuatan kepada kita untuk menatap masa depan dengan keimanan dan rahmat-Nya yang melimpah. Amin.